Selasa, 29 Januari 2013

Modifikasi Antena Eksternal Modem GSM

Modem ZTE

 Sebelum pulang jogja saya mo berbagi ilmu nih, berdasarkan pengalaman. Saya jadi inget satu kata bijaksana, terkadang suatu kreativitas itu timbul karena sebuah keterbatasan. Menyambung postingan kemaren sebelum ini tentang unlock modem ZTE, tema kali ini tentang modifikasi modem supaya sinyal yang diterima menjadi lebih kuat. Pada modem-modem baru selain sudah built in antena internal biasanya juga sudah tersedia slot untuk antena internal. Jadi kalo sinyal operator yang diterima dirasa kurang kuat bisa ditambah dengan memasang antena eksternal yang banyak dijual dipasaran. Tapi bagaimana dengan modem yang tidak ada slot untuk antena eksternal tapi ingin memperkuat penerimaan sinyalnya ? Diapasaran juga ada antena eksternal yang berdasar induksi, jadi tinggal colok dibokong modemnya, tapi saya pikir hasilnya pasti kurang memuaskan. Berbekal dengan modem ZTE yang sudah unlock kemaren saya melakukan riset hahahahahhahaha. Ga usah basa basi, to the point aja, modem ZTE yang ada saya buka untuk mengetahui jalur antena built in-nya. Setelah dibuka terlihat dibagian belakang ada konektor kecil yang sepertinya dibuat jika mau pake antena eksternal, tapi saya juga belum pernah nanya-nanya konektor seperti ini di toko elektronik. Kemudian balik modemnya, terlihat ada plat tipis untuk koneksi ke antena built in. Bagian ini yang akan kita gunakan sebagai jalur kabel ke antena, untuk negatif nya bisa ngambil disebelahnya. 

 
Tapi untuk kali ini saya hanya memakai kabel listrik yang kawat dan tidak saya solder, maklum lagi nggak bawa peralatan riset hehehehe. Idealnya disolder trus pake kabel coaxial, yang biasa disebut RG, pake yang 58 aja. 

 

 Kemudian untuk antena silahkan berkreasi, di toko juga banyak tersedia, tapi harus beli. Rencana saya mau bikin pake elemen alumunium seperti yagi tapi kecil aja, berhubung disini agak sulit cari bahan, sementara saya pake sendok makan, cukup ampuh untuk menangkap sinyal hehehehe. 

Antena sendok makan

 Oiya karena boxnya belum saya pasang untuk memasang kartu sim nya diiket aja pake karet gelang hehe. Ni potonya, sebelum dan sesudah, monggo diliat-liat dan silahkan mencoba. 

Sebelum pake antena eksternal
Sesudah pake antena eksternal

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Wuh ngeri gan! Cara bikin antena sendoknya gmana gan? Mungkin ndak antena eksternal dbikin portable? Jadi bsa dbngkar pasang dgn mudah, dan ringkas dbawa kmana2..

massjabrik mengatakan...

cari sendok yang ga dipake makan biar ibu ga marah2 hehe, mungkin aja, tp ukuran berbanding lurus dengan gain sinyalnya

Anonim mengatakan...

Bhisa pesen g?