Minggu, 28 November 2010

mencuci karburator dengan resep rahasia

kalo ngeliat judulnya ky aneh ya, rada janggal, masak karbu dicuci, biasanya kan kalo karbu yang di bersihin, disetting ato diservis....
tapi kali ini saya akan mengulas tentang pencucian karbu, berdasar pengalaman pribadi.
sebenernya ini dah kedua kalinya aku mencuci karbu, dulu pernah tak rebus, tujuannya si sama, karbunya biar bersih, tp setelah di uji coba ternyata lebih bersih dicuci seperti yang akan saya bahas dibawah ini..
tanpa bertele-tele, siapkan alat dan bahan yang diperlukan, obeng min dan plus, sikat gigi, tempat mencuci, dan Porstex (ya betull, itu adalah pembersih keramik dan porselen)

  1. Langkah pertama, lepas karburator dari motor anda, karena motor saya gl pro, untuk nyopot karbu nya sangat mudah, apalagi dah ga pake filter.
seperti terlihat dalam foto,karbu gl saya keliatan kotor banget, ya maklum dah lama gak dicuci, dah retak juga, soalnya langsung tak tempelin ke mesin, pake sekat dikit, pernah beberapa kali overheat, skep nya ngancing..... tp bahasnya besok aja, sekarang tentang pencucian

  1. ddff
  2. Langkah berikutnya, lepaskan bagian-bagian karbu-nya, lepas juga plastik2 dan karet yang ada, seperti gambar


  1. k
  2. h
  3. Langkah ketiga, bersihkan menggunakan deterjen karbu yang akan di treatmen, hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan kotoran2 seperti debu, oli, supaya perbersihan berlangsung maksimal

  1. s
  2. w
  3. s
  4. Langkah berikutnya, menyiapkan resep rahasia kita, yaitu porstex si pembersih porselen, hati2, cairan ini bersifat keras, jika terkena kulit akan gatal2 dan perih kalo ada yang luka, disarankan untuk menggunakan sarung tangan khusus, apalagi kalo kulit anda sensitif.. Tapi kalo aku ya ga usah pake dah agak kebal hahahahaha

oia, hampir lupa, lakukan pencucian diluar ruangan, selain karena aromanya keras menusuk hidung, cairan ini aakan merusak tegel ato ubin, menjadi putih, persis seperti kalo terkena air aki zuur alias hrs04..


lakukan pembersihan dengan menggunakan sikat gigi pada bagian2 yang kotor sampai berbusa, setelah itu cuci bersih dengan air dan deterjen, kemudian keringkan, apabila dirasa masih kurang bersih, lakukan cara tersebut diatas secara berulang.....INGAT, setelah bersih bilas dengan deterjen dan air mengalir, supaya cairan porstex benar2 telah hilang karena cairan ini bersifat aktif dan korosif...

dan hasilnya kamu pasti akan kaget, karburator kita yg tadi keliatan kusam tampak seperti baru lagi...

setelah selesai keringkan karburator tersebut, jangan lupa untuk menggunakan kompresor kalo ada, kalo tidak ada ya tiup2 bagian lubang2 yang ada supaya air nya keluar
kemudian rangkai kembali bagian2 yang ada, dan siap dipasang di motor lagi



SELAMAT MENCOBA





7 komentar:

belalang tempur mengatakan...

sip..........<'-'>
patut dicoba,
aq pernh cb,tp tuk bersihin perak.
tak cbne nang onthelq pak boz...

trik mtor felix tp ngirit gmn y(hehe)???

massjabrik mengatakan...

felix ki opo? banter yo, wah nek itu ya bertolak belakang, mosok arep ngirit tp banter...
kalo mau cpt ya mesti lebih boros...qiqiqiq CMIIW

belalang tempur mengatakan...

injeh,..
mkane aq nguyu seg mas,nk logikane kn gk mungkin,..
lgin ontel tua,mentok jg segitu,kculai bla..bla..
masih ttp[ rossi p gk ni??

massjabrik mengatakan...

wk wk wk yo pasti...
hidup rossi
yg pindah desmosedici
meski lagi operasi
ini sedikit puisi
tuk menghibur hati
hahahaha

belalang tempur mengatakan...

sip.,,.
tunggu thn depan..
lanjutkn jg trik" selanjutny pak boz..

massjabrik mengatakan...

sipp boss
terima kasih dah mampir (ato diundang mampir) hahaha

belalang tempur mengatakan...

sami"..
kl gk dinudang y gk mampir,
gk tw almtny,pak rt jg gk tw,hehe...