Minggu, 23 November 2008

GL Pro kesayanganku

ni buat kamu2 yg pny gl pro ada sedikit tips biar kuda kamu bisa tambah enteng larinya
bisa dilakuin sendiri kok.........
pertama yg ringan2 aja
mungkin kamu prnh merasa handel gas kok kalo diputar kyknya lebih keras daripada motor2 laenya ya, itu karena di GL ada yg namanya TPFC, bhs sederhananya pompa akselerasi, yaitu sebuah pompa yang bekerja kalo kita buka gas, mk si pompa scr otomatis mengeluarkan bensin tambahan yg muncul di lubang venturi.... nah pompa ini sebaiknya di matiin aj alias g dipake, kalo stelannya gak pas kita buka gas mendadak malah bikin mbrebet2 krn kebanyakan bensin yg disuplai ke mesin, caranya buka tangki bensinnya, disitu keliatan ada kabel gas yg masuk sebuah pipa hitam, nah itu percabangan kabelnya, yg satu narik piston karburator yg satu ke pompa TPFC tadi, buka lalu lepas kabel yg mengarah ke pompa, kalo sudah pasang kembali tangki bensinnya, coba putar gasnya, pasti terasa lebih enteng, kalo mau lebih pendek putarannya pasang gas spontan............ siiip..

yg kedua dengan cara melepas manipol karburator.......
kenapa dengan melepas karburator???
sebelumnya kita harus tau apa itu manipol, manipol adalah suatu bagian yang dirancang untuk menghubungkan karburator ke bodi mesin, manipol ini berfungsi juga untuk menahan panas dari mesin supaya karburator tidak cepat rusak, pada motor GL Pro manipol berwarna hitam, ukurannya lumayan panjang sktr 8-10 cm, kalo g salah, lupa narohnya..............
dengan menghilangkan manipol ini mk jarak dari karbu ke mesin mjd semakin dekat, yg brrti suplai bensin mjd lebih cpt dari standarnya..
sekarang kita bhs cararanya :
pertama lepas jok, lalu tangki bensin, tp prlu diingat modif ini perlu pengorbanan, yaitu harus melapas pegangan mesin ke rangka atas, soalnya karbu akan mentok pada plat penyangganya.
tp g hrs semua, bisa dipake yg sebelah kiri, sehingga mesin masih bisa pegangan ke rangka..
sudah itu lalu lepas karburator dan manipolnya, jreng jreng jreng, ada sesuatu disini, yap betullll, trnyt dibawah manipol sudah ada dua buah lubang dibodi mesin, yg trnyt jg sma persis ukuran dan jaraknya dg yg di karburator...... kalo g salah ini sudah "dipersiapkan" oleh pabrik honda buat kita2 yg suka iseng hehehehehe
sebelum menempelkan karbu ke mesin ada beberapa hal yg harus diketahui, yaitu :
1. harus buat sekat penahan panas sesuai dengan bentuk karbu yg menghadap ke mesin, biar si karbu g kepanasan, kalo dibiarin karbu bisa melengkung dan motor anda macet, karena keadaan vacuum buat ngambil bensin dr karbu tidak terpenuhi.....
wah hampir lupa, buatnya pake bahan yg tahan panas ya, kalo aq bikinnya pake pcb, itu tu yg buat rangkaian elektronik, beli yg polos, cr yg agak tebal, di ukur terus dipotong, dilubangin sesuai mulut karbunya...
2. karena posisi karbu yg maju maka filter udara mjd tidak bisa menutup mulut karbu, saran saya lepassss saja, kalo g mau y bikin perpanjangan pipa dari karbu ke box filternya...

kalo sudah siap, skrg coba pasang karbunya nyalakan mesinnya hruuuuuungggg
pasti tarikan terasa lebih enteng, dijamin.....
harus terima kasih sama aku.......
tp g usah pake gula ama teh, cukup sebut namaku 3 kali sebelum menyalakan mesin hahahahaha

2 komentar:

Anonim mengatakan...

siiip boss

Anonim mengatakan...

salam otomotif.,.
mau tanya mas.,klo masang karbu gl-pro ke yamaha jupiter z gmna yaa cara pemasangannya.,?

makasih mas.,.